Blokir Iklan Bawaan Speedy / Indiehome

     Sekarang  saya benar – benar merasa kesal dengan iklan yang selalu muncul begitu kita mengakses sebuah website dengan memakai jaringan internet @wifi.id atau indihome/speedy. Bagi saya  itu cukup mengganggu karena metode yang terapkan oleh PT. Telkom  menggunakan sistem iklan injector atau frame ads.
     Dalam hal ini saya merasa dirugikan dan terganggu, apalagi bagi sebagian orang yang berlangganan speedy paket 1Mb ke bawah yang masih memakai kabel  coax, koneksi udah ngos ngosan sering RTO, pas  browsing langsung di paksa buka iklan, Cape dech.
Dan dibawah ini  langkah-langkah bagaimana caranya memblokir iklan yang cukup menggangu tersebut;
  • Klik kanan pada banner iklan @wifi.id atau indihome/telkom speedy di browser anda.
  • Klik kanan Pilih inspect (pada chrome) atau inspect element (pada mozilla firefox)
  • Dan tampilan Browser anda akan seperti ini, arahkan Mouse ke tab element dan cari domain atau url yang terdapat disana. Contohnya ; cfs2.uadexchange.com
  • Kemudian buka My Computer dan cari file hosts yang terdapat di dalam folder C:\Windows\System32\drivers\etc\”, klik kanan /double klik pilih notepad untuk membuka file tersebut.
  • Selanjutnya tambahkan ip localhost 127.0.0.1 serta domain yang telah anda catat tadi. contohnya ; (Contoh: 127.0.0.1 <spasi> csf.uzone.id)

  • Kemudian Save file hosts yang sudah anda edit tadi, untuk Save As Type diganti dulu ke ALL agar file hosts-nya tidak berubah menjadi file berextension .txt
  • Restart modem Telkom Speedy/Indihome anda, atau bagi yang terkoneksi melalui jaringan @wifi.id Disconnect dulu, lalu Connect kembali.
Dari yang saya alami, injector domain iklan yang dipasang oleh pihak PT. Telkom itu berbeda-beda. Maka harus teliti dalam mencari domain yang terdapat di banner iklan tersebut agar iklan injector terblokir dengan sukses dan aktifitas browsing kita lancar tanpa gangguan iklan dari Telkom. 
Contoh daftar domain iklan yang sering muncul :
cfs2.uadexchange.com  #  a01.uadexchange.com  #  cfs.u-ad.info                      #  cfs.u-zone.info  #  cfs.uzone.id  #  cfs2.uzone.id
Kalau Anda bingung , cobe saja copy domain di atas ini lalu save ke file host. Semoga Berhasil.